Simak! Ini 4 Gejala Serangan Jantung yang Patut Diketahui, Cek Apa Saja Pemicunya Perlu Antisipasi Dini

Gejala serangan jantung

TOPMETRO.NEWS – Gejala serangan jantung, pemahamannya perlu lebih diperhatikan lagi. Apalagi penyakit seperti ini bisa menyerang siapa saja, dan kapan saja.

Gejala serangan jantung, sering kita ketahui. Namun sering pula melupakannya. Padahal jenis penyakit ini terbilang sebagai salah satu penyakit mematikan di seluruh dunia.

Gejala serangan jantung, sebaiknya dikenali lebih jauh sehingga mengantisipasinya pun lebih mudah.

BACA PULA | Polsek Panai Tengah Sosialisasikan Bahaya Narkoba

Seperti dilansir TOPMETRO.NEWS dari website ayosehat.kemkes.go.id pada Sabtu 30 September 2023.

Dalam narasi di website itu disebutkan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai penyebab utama gejala serangan jantung.

Gejala serangan jantung bisa dipicu beberapa hal seperti indikasi-indikasi di bawah ini.

BACA PULA | Pemerintah Survei Daerah Rawan Banjir di Lingkungan X TSM III

1. Usia jadi salah satu faktor

Penambahan usia seseorang, dipercaya kian risiko mengidap penyakit jantung. Apalagi terdapat riwayat penyakit jantung dalam keluarga.

Kalau salah satu keluarga inti kita punya riwayat penyakit jantung, besar kemungkinan penyakit jantung juga mempengaruhi keturunannya.

2. Pengaruh kegemukan alias obesitas

Tak cuma pengaruh usia, obesitas atau pengaruh kegemukan juga dipercaya sebagai salah satu pemicu serangan jantung. Untuk itu, Anda yang punya kelebihan berat badan harap bisa mengantisipasinya lebih dini agar terhindar dari penyakit yang satu ini.

3. Buruknya pola hidup

Gejala lainnya bisa terdeteksi akibat buruknya pola hidup yang dilakoni dalam kehidupan sehari-hari. Pola hidup yang buruk itu meliputi olahraga yang dirasakan kurang, mengisap tembakau atau rokok dan pelbagai hal lainnya yang bisa memicu seseorang terserang penyakit jantung.

4. Stres

Gejala serangan jantung bisa juga disebabkan karena stres. Ya, saat Anda stres, maka tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol yang berakibat pada kakunya pembuluh darah dalam tubuh kita. Untuk itu, jalan satu-satunya lakoni hidup dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat untuk menghindari stres hingga jauh dari serangan jantung.

BACA PULA | Inspektorat Didorong Periksa Kepsek SMPN 15 Medan

Itulah beberapa hal yang bisa memicu dan menimbulkan gejala serangan jantung. Namun semua itu bisa diantisipasi jika kita mau melakoni pola hidup yang lebih sehat.

Nah, setelah tahu berbagai pemicu penyakit jantung tersebut, sudah sepantasnya kita membuat tindakan preventif dengan menerapkan prilaku hidup sehat tadi.

Pola hidup sehat mengantisipasi hal itu seperti rutin berolahraga, menghindari stres berlebihan terutama di kantor atau saat Anda sedang berada di rumah. Selain itu pula rutinlah mengonsumsi antioksidan yang bisa didapatkan lewalt buah dan sayur.

BACA PULA | Ini Alasan Gibran dan Kaesang Lebih Menjual Ketimbang AHY atau Ibas

Anda diminta untuk selalu menerapkan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Selain itu, hal yang tak kalah penting segera periksa ke dokter jika sedang mengalami gejala penyakit jantung itu sehingga bisa ditangani lebih dini.

reporter | dpsilalahi

foto | pixabay

Related posts

Leave a Comment